Selasa, 04 Maret 2014

Struktur

a. Balok
      Balok adalah bagian struktur yang fungsinya menahan beban-beban yang bekerja pada plat lantai, dinding diatasnya dan berat balok sendiri yang kemudian diteruskan ke kolom, pengecoran ini mengunakan sistem  cor ditempat (cast in situ).
b. Kolom
      Kolom adalah bagian struktur yang fungsinya menahan gaya aksial dan momen lentur akibat berat sendiri, beban balok dan berat kolom diatasnya. Beban yang ada diatas plat diteruskan ke balok, dan dari balok kemudian diteruskan ke kolom dibawahnya, pengecoran mengunakan sistem  cor ditempat (cast in situ).
     c. Plat Lantai
      Plat lantai adalah bagian struktur  horisontal  yang  berfungsi untuk menahan beban yang berasal dari   penghuni baik beban orang ataupun beban barang yang disebut beban hidup dan beban plat lantai itu sendiri yang disebut beban mati, pengecoran plat lantai mengunakan sistem Precast dan cor ditempat (cast in situ). Sisi-sisi plat lantai ditumpu oleh balok yang kemudian disalurkan ke kolom.
 d.Tangga
   Tangga berfungsi sebagai penghubung antar lantai dengan elevasi yang berbeda. Syarat pokok dalam penempatan tangga adalah tangga harus diletakkan pada bagian gedung yang mudah dilihat dan dijangkau orang untuk akses jalan.
 e. Ram
   Ramp adalah bidang miring, Pada dasarnya ramp digunakan untuk menggantikan fungsi tangga, untuk memindahkan manusia atau barang dari lantai bawah ke lantai atas. Ramp berfungsi sebagai sarana untuk parkir mobil dari lantai basement menuju Lantai 1.
  f.  Rangka Atap
   Rangka atap adalah rangka yang berfungsi menyangga atau sebagai dudukan penutup atap dan berfungsi sebagai penerima beban yang berasal penutup atap yang kemudian di salurkan ke ring balok. 

0 komentar:

Posting Komentar